Khutbah Idul Adha

Buat sobat semua yang mungkin memerlukan contoh untuk menulis khutbah idul adha, di bawah ini saya berikan contoh sederhana khutbah Idul Adha yang saya buat sendiri. Ini hanya contoh ya sobat. Jadi sobat bisa kembangkan sendiri.


KHUTBAH IDUL ADHA
Assalamu’alaikum wr. Wb
Puji syukur Alhamdulillah. Karena Allah telah memberikan berbagai macam kenikmatan dan karunia yang begitu banyak kepada kita semua. Mulai dari sehatnya badan, sehatnya akal pikiran serta yang sangat penting adalah sehatnya iman.
Sholawat dan salam tidak lupa marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad, SAW. Yang telah begitu besar jasanya, yang telah begitu banyak pengorbanannya untuk kita semua selaku ummat nabi Muhammad. Beliau telah membawa ajaran Islam turun temurun sampai kepada kita sebagai jalan kebenaran, sebagai sarana untuk kita bisa sampai kepada ridho Allah SWT.
Selanjutnya sebelum kita mulai pada pembahasan khutbah kali ini, marilah kita semua saling mengingatkan, dikala senang ataupun susah, disaat lapang maupun sempit, disaat mudah ataupun sulit, marilah selalu kita ingatkan kepada diri kita sendiri khususnya dan kepada para jamaah sekalian, untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Karena hanya dengan modal iman dan takwa itulah kita dapat meraih ridho Allah, kita dapat meminta syafaat rosulullah dan mudah- mudahan kita dapat menerima imbalan berupa surganya Allah. SWT. Amiin ya robbal ‘alamin.
Jama’ah sholat jum’at rohimakumullah
Salah satu amalan istimewa di bulan dzul hijjah ini adalah ber- qurban.
Sampai ada sebuah hadits rosulullah yang diriwayatkan oleh siti Aisyah, rosulullah bersabda :





Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk- tanduknya, bulu- bulu dan kuku- kukunya. Sesungguhnya sebelum darah hewan qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima oleh Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berqurban.
Secara Bahasa Qurban itu artinya adalah dekat atau mendekatkan diri
Sedangkan secara istilah syari’at agama Islam, qurban adalah melaksanakan perintah Allah denagn memberikan sembelihan berupa hewan yang dianjurkan untuk dijadikan qurban dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Di dalam surat Al- Kautsar Allah SWT berfirman :




Surat Al- Kautsar ini adalah surat ke 108 dalam Al- Quran
Al- Kautsar berarti nikmat yang banyak.
Artinya : Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu sungai di surga (Telaga Kautsar). Maka dirikanlah sholat karena tuhanmu dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang- orang yang membenci kamu, dialah yang terputus.
Ada sebuah cerita dari asbabun nuzul surat Al- kautsar ini. Yang diriwayatkan dari Anas bin Malik
Suatu hari rosulullah merasa mengantuk kemudian rosulullah tertidur. Lalu tiba- tiba rosulullah terbangun kemudian tersenyum. Para sahabat pun bertanya : kenapa engkau tersenyum wahai rosulullah?. Kemudian rosulullah menjawab : baru saja turun kepadaku sebuah surat. Lalu rosul membaca surat Al- Kautsar.
Rosulullah bertanya pada para sahabat yang hadir pada saat itu : Tahukah kalian apa itu Al- Kautsar?
Al- Kautsar adalah sungai yang berada di surga, yang mengalir dari sungai itu banyak sekali kabaikan.
Dalam sebuah riwayat lain, disebutkan bahwa sungai Al- kautsar ini adalah sungai yang begitu luas, yang ditepi sungai tersebut terdapat bangunan- bangunan yang sangat indah yang dindingnya dihiasi oleh intan dan berlian.
Jama’ah Sholat Jum’at Rohimakumullah
Kenapa Allah menyebutkan sungai Al- Kautsar di ayat pertama sebelum lalu menyebutkan perintah untuk sholat dan berkurban di ayat kedua.
Karena sesungguhnya alasan utama dari pada sholat dan qurban adalah sebagai bukti rasa syukur kepada Allah. Karena Allah telah memberikan begitu banyak kenikmatan.
Sesungguhnya aku telah berikan kepadamu Al- kautsar (kenikmatan yang begitu banyak)
Maka sholatlah karena tuhanmu dan berkurbanlah...
Rasa syukur karena Allah telah memberikan kita kesehatan, Allah telah mengizinkan mata kita masih bisa melihat, mulut masih bisa berbicara, telinga masih bisa mendengar, akal masih bisa berfikir jernih, dan seluruh anggota badan masih berjalan sesuai fungsinya, rasa syukur itu tidak bisa hanya kita ucapkan dengan kata- kata. Namun juga harus kita buktikan dengan tindakan nyata, yaitu dengan sholat.
Ada yang sehat badannya, sehat akalnya kemudian tidak melaksanakan sholat, maka dia termasuk orang- yang tidak bersyukur. Atau disebut orang yang kufur nikmat. Orang yang seperti ini maka ancaman Allah bahwa Azab dari Allah sangatlah pedih.




Rasa syukur karena Allah memberikan kita kecukupan hidup, memberikan kita kesempatan untuk merasakan ekonomi yang baik sementara banyak saudara kita sesama muslim hidup dalam kesempiatan. rasa syukur karena kita masih dapat menikmati makanan enak setiap sementara banyak diantara mereka yang masih harus mengais rizki untuk sesuap nasi. Rasa syukur itu tidak bisa kita lakukan cukup dengan kata- kata, tapi kita buktikan dengan berqurban.
Maka siapa saja yang mampu untuk berkurban, lalu kemudian tidak berqurban, maka orang tersebut adalah orang yang tidak mensyukuri nikmat Allah.
Bahkan ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari ibnu majah, nabi Muhammad SAW bersabda.



Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berqurban namun tidak berqurban. Maka janganlah ia mendekati tempat sholat kami
Di dunia saja, orang tersebut dilarang untuk mendekati tempat sholat, apalagi di akhirat, tidak akan diterima di surganya Allah SWT.
Mudah- mudahan kita semua menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur, dapat melaksanakan sholat dengan sebaik- baiknya dan jika Allah menghendaki dengan rizki yang cukup, kita semua dapat melaksanakan ibadah qurban di tahun ini, amiin ya robbal Alamiin.


Comments

Popular posts from this blog

MALAS, Musuh Terbesar Produktifitas

Menulis dan Menerbitkan Buku itu Mudah

Plagiat yang bijak