Menulis dan Menerbitkan Buku itu Mudah

Saya memang bukan penulis professional dan juga bukan penulis buku Best Seller, bahkan buku- buku saya belum ada satupun yang lolos di penerbit major. Tapi saya berani berpendapat bahwa menulis dan menerbitkan buku itu mudah.

Sampai saat saya menulis artikel ini, saya sudah menulis sekitar 6 judul buku yang seperti saya bilang tadi, belum ada satupun yang lolos ke penerbit. berikut adalah judul- judul buku tersebut :
  1. Jejak Tuhan di Tepi Jurang 
  2. Zombies Story
  3. Stres Boys 007 Book 1 : Bajing Kampus
  4. Stres Boys 007 Book 2 : Selubung Terorisme 
  5. Stres Boys 007 Book 3 : Final Fight
  6. Love is Never Flat
Ada juga buku yang masih saya kerjakan berjudul : Journey to The Lost Island

Sobat semua para penulis pemula seperti saya juga mungkin banyak sekali ide atau project buku yang terbengkalai alias belum selesai. Perasaan seperti malas untuk melanjutkan menulis buku yang tersimpan di dalam file computer pada folder yang bahkan sulit untuk sobat temukan itu, memang sulit sekali untuk dilawan. Namun bagaimanapun caranya rasa malas itu harus dilawan seperti pada tulisan saya sebelumnya. Malas, musuh terbesar produktifitas.

Skala prioritas itu penting, kalau sobat semua sudah berani untuk memulai sesuatu, kenapa tidak menyelesaikannya dengan baik?. Terserah nanti hasilnya seperti apa, yang pasti sobat sudah berani untuk memulai dan menyelesaikan apa yang sobat mulai itu. 

Saya yakin, kebanyakan dari para penulis best seller itu adalah mereka yang punya puluhan bahkan mungkin bisa ratusan file yang tertunda di computer mereka yang suatu saat nanti akan mereka kerjakan kembali. 

Menulis dan menerbitkan buku itu mudah. hanya mungkin membutuhkan proses yang cukup lama. 
Untuk bias menerbitkan sebuah buku, kita hanya perlu menulisnya. Untuk menulis sebuah buku, kita hanya perlu memiliki ide dan kemauan untuk menulis. Untuk memiliki ide yang bagus kita hanya perlu mencari sumber inspirasi dari alam sekitar kita yang dapat kita lakukan dengan banyak membaca. 

Sekarang yang paling penting adalah apakah sobat semua memiliki kemauan dan tekad untuk menerbitkan buku karangan sobat sendiri. 

Kemauan dan tekad untuk menerbitkan buku itu saya rasa adalah hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis. Kalau tidak ada kemauan dan tekad, sebanyak apapun idenya tidak akan pernah menjadi sebuah buku. 

Untuk menciptakan kemauan dan tekad itu kita semua harus memiliki alasan yang tepat untuk menulis
Bagaimana?, menulis itu mudah kan?
Kita hanya butuh alasan untuk menulis dan menerbitkan buku. Dengan itu maka akan timbul kemauan serta tekad yang kuat untuk belajar menulis, kemudian akan ada dorongan untuk mencari ide- ide kreatif sehingga kita belajar tentang bagaimana cara menulis dengan lebih baik. Akhirnya, kita dapat menyelesaikan satu buah buku dan mengirimkannya ke penerbit. 

Setelah mengirimkan naskah buku kita ke penerbit kemudian ditolak bagaimana?, tenang, selama alasan untuk menulis masih bersemayam di dalam diri kita dan kemauan yang kuat serta tekad masih terus mendorong kita dengan kuat, maka buku- buku lain akan tercipta dan penolakan- penolakan lain akan kita terima. Kita hanya harus terus berusaha dan berusaha sampai nanti berhasil tembus ke penerbit. 

Saran saya, untuk menjaga semangat sobat semua dalam menerbitkan buku, maka cobalah terbitkan buku yang sudah sobat selesaikan secara self publish. 
Beberapa buku saya diatas saya terbitkan secara self publish melalui www.nulisbuku.com
Jika sobat berminat, silahkan terbitkan buku sobat disana dengan cara yang mudah dan murah. 
Selamat menulis dan menerbitkan buku sobat semua.
Salam sukse penulis Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

MALAS, Musuh Terbesar Produktifitas

Plagiat yang bijak