Menulis Cepat

Kalau sobat sudah membaca salah satu artikel di dalam blog ini yang berjudul Plagiat yang bijak dan sudah mempraktekkannya, rasanya tulisan saya yang satu ini tentang menulis cepat akan menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

ketika saya sedang berselancar di internet dan belajar bagaimana caranya menulis cepat, saya menemukan cara menulis cepat yang boleh juga dicoba oleh sobat semua yang sering terkendala pada saat menulis. 
Jika sobat ingin membaca langsung artikelnya, bisa mengunjungi situs ini : Tekhik menulis cepat
Saya termasuk penulis pemula yang terkadang suka terhenti di tengah jalan ketika sedang menulis ide yang ada di kepala. Walaupun tips plagiat sudah sering saya lakukan, namun saya belum bisa menulis cepat secepat lokomotif buatan Jepang. 

Berikut ini adalah tekhniknya untuk bisa menulis cepat versi Brili Agung yang saya kutip dari situsnya : 


sumber gambar : http://briliagung.com/2-teknik-rahasia-menulis-cepat/

  • Menulis buta (Blind Technique Writing)
Menulis buta adalah menulis dengan tidak menghakimi apa yang sobat tulis, menulis dengan tidak memikirkan segala macam kesalahan pengetikan (typo), ejaan dan tanda baca, serta tidak perlu memperhatikan apakah tulisan yang sobat tulis bagus atau tidak bagus. 
Latihannya adalah dengan menyiapkan alat sederhana berupa kertas HVS dan selotip. Sobat cukup menempelkan kertas HVS tersebut dengan selotip pada layar Laptop atau Netbook sobat sehingga sobat tidak bisa melihat apa yang sobat telah ketik pada keyboard. 
Sobat mungkin bisa memadukan tekhnik ini dengan tips pada tulisan saya yang berjudul Plagiat yang bijak. Jadi sobat siapkan saja satu buku yang sobat sukai lalu sobat ketik ulang dengan tekhinik menulis buta. Setelah sobat terbiasa baru sobat tulis ide sobat sendiri dengan menggunakan tekhnik menulis buta ini. 

Sumber gambar : Google image

  • Free Writting (Menulis bebas)
Menulis bebas tidak bisa dipisahkan dengan menulis buta, mungkin mereka kakak adik, atau mungkin sebenarnya mereka adalah sepasang kekasih...?????
Menulis bebas mungkin dapat diartikan menulis tanpa ada kerangka atau tanpa ada ide terstruktur. Sobat cukup meletakkan jari jemari sobat di atas keyboard netbook sobat semua, kemudian menulis apapun yang sobat pikirkan, sobat rasakan, dan sobat bayangkan pada saat itu. 

Agar lebih sempurna pembelajaran yang saya dapatkan ini, mungkin langsung saja saya praktekkan pada tulisan saya berikut ini : 

Saya menulis dengan mata tertutup, kemudian layar netbook saya juga tertutup kertas HVS dengan ide bebas yang muncul begitu saja saat saya menulis

Bismillahirrahmanirrohiim....
1, 2, 3, Mulai ....

hari ini aku melihatmu mengenakan kebaya bersulam bunga yang sangat indah. sepertinya engkau ingin pergi ke suatu tempat, entah kemana. Aku hanya dapat membayangkan dan mengira- ngira saja. Aku juga tidak hanya menlihat dirimu, tapi juga melihat engkau bersama dengan beberapa keeluargamu yang juga berpakaian dengan sangat rapih dan terlihat dengan wajah penuh dengan kegembiraan.
Tapi lain halnya dengan dirimu, kau begitu murung. Bunga- bunga yang tersulam di kebayamu itu seakan tertundu layu melihat wajahmu yang kelam. Sepertinya berbeda dengan keluargamu, kau seperti dirundung kesedihan yang mendalam.
Ingin sekali aku menyapamu saat itu, namun baru beberapa langkah aku hendak mendekati, sebuah mobil jazz berwarna putih berhias bunga- bunga indah datang menghampiri dirimu. berhenti tepat di depanmu. kemudian keluar seorang pria tampan memakai jas berwarna hitam. Wajahnya ku lihat terukir senyuman manis di atas bibirnya tampak bekas bintik halus dari kumis yang baru saja dicukur habis.
Ahh... aku hanya bisa menganga dan heran, apakah seperti yang aku pikirkan, tanpa aku tahu, engkau ternyata telah menerima lamaran pria itu, pria yang telah menghinaku dan telah menyakiti hatimu....


Lumayan susah juga ya, baru pertama kali, tapi sepertinya sangatt efektif untuk melatih menulis cepat.
kalau sobat berani mencoba, silahkan komentar dengan karya sobat menggunakan dua tekhnik di atas. Silahkan mencoba...

Comments

Popular posts from this blog

MALAS, Musuh Terbesar Produktifitas

Menulis dan Menerbitkan Buku itu Mudah

Plagiat yang bijak